Sabtu, 02 Mei 2020

Menciptakan Pola Belajar Efektif dari Rumah


Menciptakan Pola Belajar Efektif dari Rumah
Oleh : Muhammad Said

      A.  Pendahuluan

Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) telah berdampak luas. Termasuk salah satunya sektor pendidikan formal. Dengan tidak terjadinya pembelajaran tatap muka di sekolah, membuat guru harus berpikir kreatif untuk melakukan pembelajaran daring atau dalam jaringan. Ketidaksiapan guru baik penguasaan Informasi Teknologi (IT) maupun persiapan penyampaian materi pembelajaran daring menjadi perhatian Tanoto Foundation.  Mendampingi anak belajar dari rumah dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Begitu juga untuk siswa atau peserta didik yang harus mengubah pola belajar dari sekolah menjadi di rumah.

      B. Pengertian Cara Belajar Efektif
Cara belajar efektif biasa disebut dengan Cara belajar yang bermakna atau berkesan. Atau cara yang ampuh untuk belajar memahami sesuatu atau pelajaran dengan mudah dan cepat menggunakan cara-cara yang paling efisien dan efektif. Jadi inti dari cara belajar efektif adalah focus.

      C. Cara Belajar Efektif dan Efisien
Ada 7 cara belajar yang efektif dan efisien berikut:
1.  Buat Suasana Belajar yang Nyaman
Yang perlu di lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC.
 2.  Merangkum Pokok Pembelajaran
Mencatat pokok-pokok pembelajaran. Karena jika Anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut
 3.  Belajar Bersama
Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.
 4.  Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu
Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.
 5.  Belajar dengan Praktik
Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif.  Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.
 6.  Belajar rutin tapi jangan lama
Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu Anda lakukan adalah "belajar rutin" bukan "Terlalu lama belajar". Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.
 7.  Mengerti Bukan Menghafal
Yah, hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

 D. Tips Belajar Efektif
Agar potensi otak dapat dimaksimalkan, terdapat beberapa tips dalam belajar yang bisa kamu terapkan, Setidaknya terdapat 10 tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam mengingat.
1) Pengulangan Berkala (Spaced Repetition)
Supaya kemampuan mengingatmu semakin kuat, kamu harus sering-sering mengulang apa yang kamu pelajar. Para ahli membuktikan bahwa sinapsis (titik temu antara terminal salah satu neuron dengan neuron lain) yang membuat kemampuan mengingat meningkat. Sehingga kita akan lebih produktif untuk belajar secara teratur dengan konstan dan diselingi beristirahat dengan tidur.
Kamu bisa buktikan sendiri. Cobalah belajar selama lima belas menit lalu istirahat, dan belajar lagi. Lakukanlah selama seminggu, maka kamu akan merasakan kemajuan yang signifikan.
2) Belajar dengan Gaya
Kamu pasti punya cara belajar tersendiri yang membuat nyaman. Ada yang nyaman belajar di malam hari, ada yang nyaman belajar bersama teman, dan ada pula yang nyaman belajar sendiri dalam lingkungan yang sepi.
Dari berbagai macam gaya belajar seseorang, kamu harus tahu ada gaya belajar yang paling banyak diterapkan, yaitu dengan menonton video belajar. Belajar dengan menonton video ini adalah satu satu gaya belajar yang paling mudah membuat banyak orang paham terhadap materi yang diberikan.
3) Tidur yang Cukup
Tidur dan istirahat yang cukup merupakan hal yang vital dalam membantu kamu menyimpan informasi di dalam otak. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa mahasiswa yang istirahat dengan cukup pada malam hari dapat mengingat bahan pelajaran sebesar 35% lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar pada pagi hari dan melakukan tes di malam hari tanpa tidur diantaranya.
4) Terapkan Teknik Pomodoro
Teknik ini adalah teknik yang membuat kamu memberikan jeda dalam belajar supaya kamu tidak merasa jenuh. Cobalah atur timer selama 25 menit untuk waktu belajar. Kemudian ketika timer berbunyi, gunakan waktu 5 menit untuk break atau istirahat agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks. Setelah waktu istirahat selesai, atur lagi timer-mu, dalam ulangi langkah-langkah tadi.
5) Olahraga, Meditasi, dan Bersosialisasi
Berdasarkan penelitian para ahli, kita dapat mengetahui bahwa terdapat beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan kemampuan otak, yaitu berolahraga, meditasi, dan berdiskusi bersama teman. Aktivitas ini akan merangsang pembentukan neuron baru di dalam otak.
6) Belajar dengan Santai Namun Serius
Sebuah studi sains modern mengatakan bahwa belajar dengan santi akan mempercepat kamu memahami dan mengingat apa yang telah kamu pelajari. Hal ini dikarenakan energi positif sangat berguna bagi proses penyerapan informasi yang terjadi di otak.
7) 30% Membaca, 70% Mengulang
Jika kamu memiliki waktu 1 jam untuk mempersiapkan presentasi. Gunakan 20 menit untuk membaca dan mempelajarinya. Kemudian gunakan 40 menit untuk mempraktekkannya. Jadi, gunakan 2/3 waktumu untuk mengulang dan mempraktekannya. Sedangkan 1/3 dari waktu untuk memahami materinya.
8) Jangan Memaksakan Diri
Ketika mood kamu sedang berantakan, jangan pernah memaksakan diri untuk belajar. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengembalikan mood-mu. Jadi, belajarlah tanpa ada paksaan baik dari orang lain ataupun suatu hal.

E. Kesimpulan
Melalui proses belajar di rumah secara daring. Pembelajaran jarak jauh harus merubah paradigma guru untuk tidak terpaku pada proses belajar di kelas dan kreatif menerapkan proses pembelajaran. 
Guru harus secara taktis merespon situasi ini dengan tetap menjaga motivasi murid-muridnya untuk belajar walau melalui proses pembelajaran jarak jauh, agar tercipta generasi muda yang siap menghadapi masa depan dan menjadi generasi yang lebih baik. 

F. Saran
Bapak, Ibu Guru atau siapa saja yang berniat up grading, mengisi waktu bekerja di rumah dengan muatan yang sangat bermanfaat untuk kerja di bidang pendidikan, silahkan mengikuti kegiatan yang akan diadakan secara online dalam beberapa kali seminar secara online PGRI bertajuk Self Driving for Teaccher - Menciptakan Pola Belajar Efektif Dari Rumah, informasi tentang kegiatan di atas dan model seminar atau lainnya silahkan menghubungi nara hubung pada poster di atas.
Anda akan mendapatkan Workshop selama 33 jam dan e-certificate setelah menyelesaikan serangkaian Workshop yang dilaksanakan tanggal 2 Mei 2020 sampai dengan 20 Mei 2020.

G. Daftar Rujukan
https://www.google.com/search?safe=strict&client=firefox-b-d&q=belajar+efektif+adalah&sa=X&ved=2ahUKEwj0vsqw5pTpAhVo73MBHYnPAM4Q1QIoAHoECAsQAQ&biw=1352&bih=642.

2 komentar: